Sunday, September 14, 2014

Cara Merawat Laptop Yang Benar Agar Tahan Lama



Setelah sebelumnya Bhayu Blog telah membagikan trik tentang Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama maka pada kesempatan kali ini kembali ingin membagikan sebuah trik yaitu Cara Merawat Laptop Yang Benar Agar Tahan Lama.
Pada saat ini bisa dipastikan bahwa sebagian besar orang telah memiliki sebuah laptop itu dikarenakan fungsi dan manfaatnya sangat penting seperti digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas seperti bekerja dan belajar. Namun banyak juga orang hanya memiliki dan menggunakannya begitu saja tanpa memperhatikan perawatannya, padahal sebenarnya walaupun laptop adalah sebuah benda mati tetapi harus juga mendapatkan perawatan yang baik dan benar.
Sebuah laptop yang dirawat dengan baik dan benar tentunya performa dan kualitasnya akan tetap stabil sehingga bisa tahan lama, berbeda dengan laptop yang tidak dirawat tentunya akan cepat mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi membantu kita untuk mengerjakan berbagai aktivitas yang berkaitan dengannya, untuk itu jika anda mempunyai laptop dan ingin menjadikannya awet tetap tahan sampai beberapa tahun sebaiknya lakukan trik yang akan Bhayu Blog berikan sebagai berikut:



1. Gunakan Laptop Dengan Sewajarnya
Dalam hal ini jangan menggunakan laptop terlalu cukup lama karena itu akan membuat seluruh komponen atau perangkat yang terdapat pada laptop akan panas sehingga performa laptop seakan dipaksa bekerja extra dan pada umumnya setiap perangkat memiliki kapasitas maksimal penggunaannya sehingga apabila dipaksa terus bekerja itu akan mengurangi  kinerja perangkat tersebut, untuk itu jika menggunakan laptop untuk suatu pekerjaan yang sangat penting sekiranya laptop diistarahatkan (Matikan/Shut Down) sebentar agar komponen-kompen atau perangkat laptop bisa kembali normal.
2. Jangan Gunakan Laptop Di Tempat Yang Berdebu
Agar laptop tetap awet sekiranya jangan menggunakan laptop di tempat-tempat yang berdebu seperti di atas kasur, bantal atau karpet yang berbulu dan lain-lain. Karena debu bisa masuk ke dalam laptop melalui sela-sela body dan jika debu tersebut menumpuk pada komponen-komponen atau perangkat laptop akan mengakibatkan performanya tidak stabil.
3. Hindarkan Laptop Dari Sinar Matahari Langsung
Walaupun laptop mudah dibawah kemana-mana akan tetapi saat menggunakannya di luar ruangan sebaiknya hindari dari sinar matahari secara langsung terutama pada bagian monitor karena kalau bagian tersebut mendapatkan paparan matahari secara langsung ditakutkan pada bagian tersebut mengalami penambahan suhu panas sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada bagian hardwarenya.
4. Jangan Mendownload Sembarangan
Mendownload aplikasi atau file dari internet secara sembarangan tanpa melakukan penelitian terlebih dahulu sangat rawang terhadap performa laptop karena banyak sekali aplikasi dan file-file yang terdapat di internet mengandung virus dan malware. Apabila aplikasi tersebut dijalankan pada laptop besar kemungkinan virus atau malware akan masuk ke dalam laptop.
5. Jangan Menginstall Aplikasi Yang Tidak Perlu
Untuk mendapatkan laptop yang tetap awet sebaiknya jangan menginstall aplikasi yang tidak perlu, walaupun sebenarnya laptop memiliki kapasitas hardisk yang cukup besar akan tetapi jika terlalu banyak menginstall aplikasi bisa mengakibatkan kapasitas hardisk tersebut bisa penuh sehingga akan menurungkan performanya. Untuk itu sebaiknya hapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi dari laptop.
Itulah lima trik yang bisa dilakukan untuk merawat laptop agar performanya tetap stabil sehingga laptop bisa menjadi awet atau tahan lama.
Baca Juga :
Terima kasih telah membaca postingan dari Bhayu Blog tetang Cara Merawat Laptop Yang Benar Agar Tahan Lama semogah bermanfaat bagi kita semua, apabila ada yang mau tambahkan silahkan di kolom komentar.


No comments :

Post a Comment