Saturday, August 9, 2014

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error



Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error – Keyboard pada laptop merupakan bagian perangkat yang paling penting karena alat ini merupakan alat yang paling sering dipakai untuk input sebuah teks atau angka pada sebuah dokumen atau naskah, namun apabila keyboard tersebut mengalami kerusakan atau tidak berfungsi tentunya sangat membingunkan dan mengganggu pekerjaan. Kebanyakan orang jika mengalami permasalahan yang seperti ini mereka langsung membawa laptopnya ke tukang service untuk dilakukan perbaikan itu dikarenakan mereka belum tahu cara memperbaikinya.
Jika Anda adalah salah satunya yang mengalami permasalahan yang seperti itu Anda sangat beruntung membaca artikel ini karena Bhayu Blog akan memberikan trik cara memperbaikinya, sehingga Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan tukan service dan Anda tak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun. Namun sebelum kita ke tahap cara memperbaikinya alangkah baiknya kalau kita mengenal atau mengetahui penyebab dan ciri-ciri terjadinya keyboard pada laptop bisa mengalami kerusakan atau error.
Penyebab Terjadinya Kerusakan/Error Pada Keyboar Laptop
  • Keyboard terkena cairan seperti air atau yang lainnya, penyebab ini tentunya sangat fatal apalagi jika laptop dalam keadaan menyala dimana aliran listrik masih sedang mengalir sehingga besar kemungkinan terjadinya konseleting.
  • Keyboard sering berdebu atau sering dijatuhi benda asing seperti makanan sehingga debu atau benda asing tersebut masuk ke sela-sela tombol sehinga keyboard sangat berpotensi mengalami kerusakan.
  • Penggunaan keyboard untuk bermain game secara terus menerus, sehingga keyboard lebih rentang/cepat rusak.
  • Perlakuan yang kasar terhadap tombol keyboard dalam hal ini menekannya terlalu keras juga bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada keyboard itu dikarenakan jalur yang terdapat pada keyboard sangatlah halus.
Ciri-ciri Keyboard Laptop Mengalami Kerusakan/Error
Berikut beberapa ciri-ciri yang paling umum terjadi pada keyboard laptop yang mengalami kerusakan atau error.
  • Kesalahan fungsi pada salah satu tombol atau tools
  • Salah satu tombol atau tools pada keyboard tidak berfungsi
  • Tombol seperti terkekan terus sehingga mengeluarkan bunyi BEEP yang panjang
  • Pada saat mau menyalakan laptop harus menekan salah satu tombol
Nah setelah mengetahui penyebab dan ciri-cirinya langkah selanjutnya adalah tahap cara memperbaikinya, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki atau mengatasi keyboard yang rusak atau error sebagai mana cara yang sering Bhayu Blog lakukan untuk mengatasi permasalah seperti itu.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Errror


Berikut 2 macam kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop dan cara mengatasinya, untuk itu pratekkan trik yang sesuai kerusakan yang terjadi pada keyboard Anda.
1. Kesalahan Fungsi Tombol
Kerusakan yang paling sering terjadi pada sebuah keyboard laptop adalah kesalahan fungsi tombol seperti jika menenkan tombol “J” akan menjadi “1” atau tombol “L” akan menjadi “3” begitu pula dengan tombol lainnya yang mengalami error. Jika keyboard laptop Anda mengalami kerusakan yang seperti ini coba pratekkan trik berikut. Pertama-tama cari tombol “Fn” dan tombol “NumLk” yang mana tombol tersebut terletak pada keyboard, setelah ketemu tombol tersebut ditekan bersamaan sampai ada bunyi BEEP, kemudian lepas tombol tersebut secara bersamaan. Sampai tahap ini cara memperbaiki kesalahan fungsi tombol pada keyboard sudah selesai silahkan Anda cek terlebih dahulu jika belum berhasil coba ulangi kembali sampai fungsi numerik mati dan fungsi keyboard kembali normal.
2. Tombol Tidak Berfungsi
Kerusakan yang lain yang paling sering terjadi pada sebuah keyboard laptop adalah tombol tidak berfungsi, baik itu terjadi pada salah tombol atau pada beberapa tombol bahkan bisa sampai semua tombol tidak berfungsi sama sekali. Nah jika keyboard laptop Anda mengalami kerusakan yang seperti ini coba pratekkan trik yang ada di bawah ini.
Pertama-tama matikan laptop dan lepas semua tegangan yang tersambung seperti charger dan yang lainnya. Kemudian buka tombol keyboard yang tidak berfungsi namun harus hati-hati melakukannya jangan sampai terjadi kerusakan lebih lanjut, setelah terbuka bersihkan kotoran yang terdapat bagian tombol tersebut dengan memakai kapas yang diberi alkohol dan tunggu sampai benar-benar kering kemudian pasang kembali.
Namun jika keyboard tidak berfungsi sama sekali atau semua tombolnya tidak mengalami errror Anda harus membuka keyboardnya dari laptop, namun sebelum harus mematikan laptop dan memutuskan aliran listrik yang terhubung kemudian buka keyboard dari laptop berserta kabelnya setelah keyboard terlepas dari laptop buka semua tombol yang terdapat pada keyboard namun jika Anda orangnya pelupa alangkah baiknya jika keyboard difoto terlebih dahulu agar nantinya tidak bertukar posisi dengan yang lain saat memasangnya kembali, setelah itu bersih kotoran yang melekat pada keyboar seperti debu atau benda asing lainnya dengan memakai kuas, kemudian semprotkan alkohol/air secara merata sampai kotoran yang terdapat pada sela-sela keyboard keluar semua, setelah dirasa cukup bersih keringkan sampai benar-benar kering.
Setelah keyboard benar-benar kering pasang kembali tombol-tombolnya pada tempatnya masing-masing jika lupa Anda bisa melihat letaknya pada foto yang tadi Anda buat, setelah tombolnya sudah terpasang semua keyboard dipasang kembali pada laptop kemudian nyalakan laptop setelah menyala restart terlebih dahulu kemudian cek keyboardnya apa sudah berfungsi.
Setelah mempratekkan trik-trik yang ada di atas untuk mengatasi keyboard yang mengalami kerusakan namun keyboard belum juga berfungsi trik yang terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menggantinya dengan keyboard yang baru.
Sedikit juga saya tambahkan bagi Anda yang menggunakan Windows 7 dan sistem operasinya mengalami error Anda jangan buru-buru melakukan install ulang karena sistem operasi pada windows 7 dapat diatasi tanpa harus melakukan install ulang, untuk itu baca triknya pada.
Demikianlah artikel yang cukup sederhana ini dari Bhayu Blog tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error semogah dapat bermanfaat bagi kita semua.


3 comments :

  1. Sangat Membantu Post dari Anda.. Jgn Lupa Kunjungi Blog Ane ya ^_^
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau bisa membantu, terima kasih telah berkunjung di Bhayu Blog

      Delete
  2. kemarin keyboarku eror langsung aku ganti, mahal, kalau tahu begini bisa dibenerin mah gue benerin dl ya.. apa mungkin karena drivernya ya..

    ReplyDelete