Monday, March 10, 2014

Cara Mudah Mengobati Penyakit Diare Secara Alami



Cara Mudah Mengobati Penyakit Diare Secara Alami -  Diare atau biasa juga disebut mencret adalah penyakit gangguan pada saluran pencernaan, penyakit ini bisa dikategorikan penyakit umum karena penyakit ini bisa dipastikan bahwa setiap orang perna mengalaminya mulai dari bayi sampai orang dewasa, penyakit diare tentu sangat menyiksa dan menyusahkan karena membuat penderita harus bolak balik ke kamar kecil untuk buag air besar.
Bagi orang yang mengalami penyakit diare biasanya mengalami sakit perut, sering buang air besar yang disertai rasa mulas dan kadang muntah-muntah. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) jadi penyakit ini jangan dianggap remeh atau disepelekan harus segera diatasi jika tidak bisa berakitbat fatal bagi penderitanya.
Penyebab Penyakit Diare
Penyakit diare atau mencret dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, beberapa hal yang menjadi penyebabnya adalah sebagai berikut :
  • Kuman (bakteri atau virus)
  • Keracunan makanan atau minuman
  • Kelebihan Vitamin C
  • Alergi obat-obatan
  • Pemanis buatan
Gejala dan Tanda Penyakit Diare
Seperti halnya dengan penyakit lain diare pun memiliki gejala-gejala yang ditimbulkan sehingga bisa diketahui, beberapa gejala yang biasanya ditimbulkan oleh penyakit diare antara lain :
  • Seringnya buang air besar
  • Kotoran tidak padat atau encer
  • Lendir atau darah pada kotoran
  • Sakit pada bagian perut
  • Perut sering mengeluarkan suara
  • Mual-mual biasanya disertai dengan muntah
  • Perasaan lemas atau lesuh
  • Nafsu makan berkurang
Cara Mengatasi atau Mengobati Penyakit Diare
Setelah mengetahui penyebab dan gelaja penyakit diare pastinya ingin mengetahui cara mengatasi atau mengobatinya, penyakit diare dapat disembuhkan dengan berbagai cara baik melalui pengobatan medis, memkomsumsi obat-obatan khusus penyakit diare dan dapat juga dengan cara alami.
Di sini yang mau Bhayu Blog bagikan adalah dengan cara alami. Mengobati diare atau mencret secara alami tentunya sangat efektif dan dipercaya karena telah terbukti khasiatnya.

Cara Mudah Mengobati Penyakit Diare Secara Alami


Berikut bahan-bahan yang digunakan dan cara penggunaannya untuk mengobati penyakit diare atau mencret :
1. Jambu Biji
Mengobati diare dengan jambu biji terdapat dua cara yaitu dengan cara memkomsumsi buah jambu yang masih mudah beberapa buah, sedangkan cara yang kedua menggunakan daunnya dengan cara mengunyah beberapa lembar jambu biji, kalau tidak bisa dengan cara mengunyah bisa ditumbuk kemudian disaring airnya bisa dicampur dengan sedikit garam kemudian diminum.
2. Larutan Garam (Oralit)
Penyakit diare dapat juga diatasi dengan meminum larutan garam (oralit) cara membuatnya yaitu, ambil segelas air putih hangat kemudian campurkan dengan ½  sendok teh garam dan 4 sendok teh gula lalu aduk hingga garam dan gula larut kemudian dimunim.
3. Kunyit
Kunyit sejak dulu dikenal sebagai tanaman herbal yang sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah penyakit diare. Caranya yaitu siapkan beberapa siung kunyit yang sudah dikupas kulitnya, cuci dulu dengan air bersih kemudian haluskan dengan cara memarutnya lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Minumlah rebusan air kunyit tersebut dalam keadaan hangat bisa di ulangi sampai 3 kali sehari semalam.
6. Manggis
Mengobati diare dengan buah manggis caranya adalah ambil dua buah manggis kupas kulit luarnya dan buang batuhnya kemudian haluskan buah manggis tersebut bisa dengan cara memarutnya atau dibelender kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan biarkan sampai dinging, setelah dingin saringlah air rebusan tadi kemudian diminum bisa diulangi sebanyak 2 kali pagi dan sore.
5. Air Putih
Saat mengalami diare, rata-rata penderitanya juga akan mengalami kekurang cairan (dehidrasi) ini disebabkan banyaknya cairan tubuh yang keluar karena terlalu sering buang air besar dan muntah-muntah. Untuk menganti cairan yang terbuang sia-sia yaitu dengan minum air putih, usahakan minum setelah buang air besar.
 Itulah 5 cara alami yang bisa anda coba untuk mengatasi atau mengobati masalah diare atau mencret. Jika sudah memperaktekan cara tersebut di atas tetapi diare atau mencret tidak kunjung sembuh, usahakan anda secepatnya pergi ke pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapat pertolongan.
Demikianlah tips dari Bhayu Blog tentang Cara Mudah Mengobati Penyakit Diare Secara Alami semogah dapat bermanfaat.


4 comments :

  1. kulit manggis dan jambu biji memang ampuh atasi diare, sekarang malah makin mudah sudah banyak produk yang berbahan kulit manggis jadi makin enak obati diare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang kulit manggis sudah terkenal dari dulu sangat ampuh dapat mengatasi diare, makasih yah atas kunjungannya

      Delete
  2. Mas Bahar ijin simpan artikelnya yach kalau nanti mengalami diare bisa mempratekkan tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dengan senang hati, modah-modahan tipsnya dapat bermanfaat.

      Delete