Wednesday, August 6, 2014

Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2



Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2 – Setelah Bhayu Blog membagikan cara penggunaan rumus atau formula perkalian, penambahan, pengurangan dan pembagian pada postingan sebelumnya tentang Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word maka pada kesempatan ini Bhayu Blog ingin menambahkan rumus atau formula yang bisa digunakan pada Ms. Word dalam hal ini Fungsi SUM (Penjumlahan), MAX (Mencari Nilai Tertinggi), MIN (Mencari Nilai Terendah) dan AVERAGE (Mencari Nilai Rata-Rata).
Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan bagian pertama bahwa tools formula yang terdapat pada Ms. Word sebenarnya berfungsi untuk menyisipkan sebuah rumus atau formula pada table, sehingga jika kita menggunakan fungsi tools tersebut tentunya sangat membantu kita dalam mengerjakan suatu penjumlahan dalam hal ini bilangan yang terdapat pada sebuah table dari pada harus menghitungnya secara manual yang tentunya harus memakan waktu belum lagi hasilnya tentu tidak seakurat jika menggunakan rumus.
Namun sebelum ke tahap cara penggunaannya sebaiknya kenal terlebih dahulu cara pembacaan formula tersebut pada table Ms. Word, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2

Keterangan :
Untuk Kolom A dan Baris 1 disebut sel A1, sedangkan untuk Kolom A dan Baris 2 disebut cell A2 dan seterusnya.
Kalau sudah memahami pembacaan cellnya berikut Bhayu Blog akan berikan cara penggunaan rumus atau formulanya.

Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2


Untuk menggunakan rumus atau formula pada Ms. Word silahkan ikuti langkah-langkah yang Bhayu Blog berikan di bawah ini (sebagai contoh).
1. Pertama buatlah sebuah table pada lembar kerja Ms. Word.
2. Kemudian isikan angka-angka yang diinginkan sebagai contoh lihat gambar berikut.

Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2

3. Kemudian letakkan kursor pada cell atau kolom dimana nantinya rumus atau formula ingin diletakkan namun harus sejajar dengan baris yang ingin dijumlahkan.
4. Setelah itu klik Layout yang terdapat di menubar kemudian klik icount Formula yang terdapat di group data. Untuk lebih jelasnya llihat gambar berikut.

Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2

5. Setelah icount formula telah di klik maka secara otomatis jendela formula akan terbuka seperti gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2

6. Tuliskan rumus yang ingin digunakan pada kolom formula, sebagai contoh perhatikan gambar berikut.

Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2

Penulisan rumus atau formulanya =SUM(ABOVE) berfungsi untuk menjumlahkan angka pada kolom yang ada diatasnya.
7. Sedang jika ingin menjumlah secara kesamping rumusnya seperti ini =SUM(LEFT)

Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2

8. Setelah memasukkan rumus atau formula yang ingin digunakan tekan OK untuk menjalankan dan menampilkan hasil rumus atau formulanya.

Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2

Setelah klik OK maka hasil dari rumus atau formula yang kita masukkan akan tampil, sampai tahap ini seluruh proses penggunaan formula pada Ms. Word telah selesai.
Bagaimana sangat mudah bukan jadi silahkan Anda mempratekkannya sendiri. Sedangkan cara penggunaan rumus atau formula MAX, MIN dan AVERAGE sebenarnya sama dengan langkah-langkah di atas cuman yang membedakan penulisan rumus atau formulanya, seperti contoh penulisan rumus atau formula yang ada di atas kata SUM diganti dengan kata MAX atau MIN atau AVERAGE untuk lebih jelasnya lihat cara penulisan seperti di bawah ini.
MAX penulisan rumus atau formulanya seperti ini =MAX(ABOVE) atau =MAX(LEFT)
MIN penulisan rumus atau formulanya seperti ini =MIN(ABOVE) atau =MIN(LEFT)
MAX penulisan rumus atau formulanya seperti ini =AVERAGE(ABOVE) atau =AVERAGE(LEFT)
Itulah cara penggunaan rumus atau formula SUM, MAX, MIN dan AVERAGE pada Ms. Word, sedangkan cara penggunaan rumus Perkalian (*), Penambahan (+), Pengurangan (-) dan Pembagian (/) Anda bisa membaca triknya Pada.
Demikianlah artikel singkat dan cukup sederhana ini dari Bhayu Blog tentang Cara Menggunakan Rumus Pada Microsoft Office Word Bagian Ke-2 dengan harapan semogah bermanfaat bagi kita semua.


No comments :

Post a Comment