Sunday, January 19, 2014

Bagian-Bagian Komputer Dan Fungsinya



Bagian-Bagian Komputer Dan Fungsinya - Komputer memang tidak asing lagi pada saat ini karena sebagian besar orang menggunakannya mulai dari yang tua sampai yang mudah baik itu untuk keperluan pribadi atau keperluan umum akan tetapi sebagian besar juga dari mereka hanya bisa menggunakannya atau mengoperasikannya tetapi tidak tahu nama alat-alat dan fungsinya yang terdapat pada komputer itu sendiri. 
Maka dari itu pada kesempatan ini Bhayu Blog ingin membagikan artikel tentang :

Bagian-Bagian Komputer Dan Fungsinya

Berikut Bagian-Bagian Komputer Dan Fungsinya :
  • Monitor
Monitor adalah tampilan visual elektronik untuk komputer. Monitor terdiri dari perangkat tampilan, sirkuit dan kandang. Perangkat layar monitor modern biasanya adalah film tipis transistor liquid crystal display (TFT-LCD) panel tipis, sementara remaja monitor menggunakan Tabung sinar katoda (CRT) sekitar sedalam ukuran layar. Awalnya, monitor komputer yang digunakan untuk pengolahan data sementara televisi receiver yang digunakan untuk hiburan. Dari 1980-an dan seterusnya, komputer (dan monitor mereka) telah digunakan untuk pengolahan data dan hiburan, sementara televisi telah menerapkan beberapa fungsi komputer. Umum rasio aspek televisi, dan kemudian monitor komputer, juga telah berubah dari 4:3 untuk 16:9 (dan 16:10).
  • Keyboar
Keyboard adalah Kumpulan dari beberapa tombol yang berisi fungsi dalam sebuah Komputer. Kalau pada umunya, anda pasti kenal sama Keyboard karena jika anda memiliki Komputer Desktop PC atau Laptop pasti terdapat Keyboard. Untuk Desktop PC keyboardnya terpisah dan biasanya menggunakan kabel USB untuk menghubungkannya ke Komputer, sedangkan untuk Laptop Keyboard-nya sudah terpasang rapi dan tidak bisa dilepas dan jika ingin melepaskannya harus membongkar Laptop tersebut.
  • Mouse
Mouse adalah peranti penunjuk yang berfungsi dengan mendeteksi dua dimensi bergerak relatif terhadap permukaan pendukung. Secara fisik, mouse terdiri dari sebuah objek yang diadakan di bawah salah satu tangan pengguna, dengan satu atau lebih tombol. Mouse biasanya dihubungkan ke Komputer dengan kabel USB dari Mouse tersebut atau dengan Chip Wireless (Seperti Flashdisk) untuk Mouse tanpa kabel. Mouse ini kadang-kadang memiliki unsur-unsur lain, seperti “roda”, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai bergantung pada sistem operasi, atau tombol tambahan atau fitur yang dapat menambahkan lebih banyak kontrol atau dimensi input. Tikus gerak biasanya diterjemahkan ke dalam gerakan penunjuk pada layar, yang memungkinkan kontrol baik antarmuka pengguna grafis. Untuk Laptop Pointing Device atau Mouse-nya adalah Touchpad yang berbentuk Papan Segi empat.
  • Speaker
Speaker merupakan perangkat keluaran yang menghasilkan suara, di mana suara tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara). Speaker-speaker yang ada di pasaran sekarang telah menggunakan 6 speaker berikut satellite dan 1 subwofer untuk menghasilkan tata suara yang optimal.
  • Printer
Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer ke dalam media kertas. Printer ada yang menggunakan sistem dot matrik, tinta dan laserjet. Dulu printer hanya untuk mencetak dokumen, kini printer sudah bisa untuk mencetak foto.
  • Casing
Casing adalah bagian terluar dari CPU berfungsi untuk untuk menutupi dan melindungi komponen lain dari kotoran, debu dan lain-lain. CPU juga memiliki fungsi sebagai dudukan atau tempat berdirinya komponen lain agar dapat berhubungan dengan kuat.
  • CD-room
Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis). Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.
  • Motherboard
Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut
  • Processor (CPU)
Nah, inilah Brain (otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz). Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini prosesor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.
  • Kartu Grafis (VGA Card)
Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board. Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
  • Harddisk
Harddisk drive (HDD). Merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data. Jenis harddisk ada dua yaitu harddisk ATA dan SATA. Harddisk ATA menggunakan kabel IDE, sedangkan Harddisk SATA menggunakan kabel Serial SATA serta transfer data lebih cepat dibandingkan dengan serial ATA.
  • Memori (RAM)
Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Berfungsi sebagai penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor, baik untuk system oprasi, program aplikasi, atau file kerja selama komputer dalam kondisi dioprasikan. Jika komputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk. jenis memori RAM seperti : DRAM, SRAM, EDO RAM, SDRAM dan DDRAM, DDR II. Dan dengan kemajuan teknologi sekarang Memory telah mencapai DDR
  • Baterai
CPU baterai yang di PC mengendalikan berbagai fungsi seperti penyediaan listrik ke BIOS, dan menjaga tanggal dan waktu pada komputer Anda. Masalahnya, kadang-kadang Anda perlu untuk mengganti baterai CPU anda untuk berbagai alasan, termasuk mencoba untuk menghapus password BIOS anda. Tetapi jika anda tidak tahu cara untuk mengubahnya dan baterai mati, maka dapat menyebabkan sakit kepala banyak yang tidak diinginkan. Perubahan itu sederhana hanya dengan beberapa langkah.
  • Kipas (Fan)
Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau hard disk drive. Ada sekitar 3 atau 4 baling-baling kipas pada CPU.
  • Power Supply 
Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis power supplay ATX. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.
  • Kartu Suara (Sound Card)
Kartu Suara berfungsi untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan soundcard yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke soundcard game.
Demikian artikel dari Bhayu Blog tentang Bagian-Bagian Komputer Dan Fungsinya semogah bermanfaat.


No comments :

Post a Comment