Tuesday, November 26, 2013

Cara Install Windows 7 Menggunakan Flash Disk



Cara Install Windows 7 Menggunakan Flash Disk - Tingginya pengguna netbook pada saat ini itu dikarenakan selain harganya murah ukurannya pun relatif kecil dan ringan sehingga mudah dibawah kemana-mana dan fitur yang dimilikinya pun tidak jauh beda dengan laptop pada umumnya sehingga sebagian besar masyarakat jauh lebih memilih memakainya dibandingkan laptop yang ukurannya relatif besar yang susah dibawah kemana-mana akan tetapi karena netbook yang ukurannya relatif kecil sehingga tidak dilengkapi dengan fitur DVD-Room, nah disinilah letak kekurangan dan permasalahan netbook itu sendiri jika tiba-tiba terjadi kerusakan pada sistem pengoperasiannya maka besar kemungkinan harus dilakukan install ulang.
Jadi bagi anda pengguna netbook yang sedang mengalami permasalahan seperti di atas anda tidak perlu membawa netbook anda ke tempat service untuk dilakukan installasi ulang atau pusing mencari DVD-Room External karena anda bisa menginstallnya sendiri dengan memakai flash disk, cara ini selain mengurangi sedikit pengeluaran anda install memakai flash disk lebih flexibel dan sistem pengoprasiannya lebih cepat dibandingkan dengan melalui kepingan DVD karena DVD yang nota benenya menggunakan media optical, belum lagi ada file yang tidak terbaca dengan  baik dikarenakan DVD yang mulai rusak sehingga besar kemungkinan penginstallan tidak berhasil.
Maka dari itu Bhayu Blog akan memberikan trik tentang Cara Install Windows 7 Menggunakan Flash Disk perlu juga anda ketahui bahwa cara ini bukan hanya untuk menginstall netbook saja akan tetapi bisa juga dilakukan pada Laptop atau PC, karena installasi lewat flash disk pada dasarnya sama dengan cara installasi lewat DVD-Room karena flash disk yang kita gunakan dijadikan bootable. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Install Windows 7 Menggunakan Flash Disk


  • Sediakan Flash Disk atau USB yang minimal kapasitasnya 4 GB untuk menampung file masternya.
  • Format Flash Disk anda dengan menggunakan Format File System NTFS.
  • Copy semua file dan folder master istaller windows 7 ke dalam flash disk yang sudah diformat tadi
  • Buka flash disk dan cari file bootmgr lalu rubah/rename menjadi NTLDR.
  • Pasang flash disk pada Netboot, Laptop atau PC yang mau diinstall.
  • Hidupkan Netbook, Laptop atau PC anda setelah booting segera tekan F2 atau DEL tergantung menu bios Netbook, Laptop atau PC anda.
  • Pilih menu Boot pastikan flash disk anda sudah terdekteksi di bios biasanya terdeteksi sebagai USB  HDD (USB Hardisk Driver) kalau belum terdeteksi restart kembali. Kalau flash disk anda sudah terdeteksi lakukan installasi melalui flash disk lalu save dan restart
  • Setelah Netbook, Laptop atau PC anda hidup kembali tunggu sampai copy file selesai, kemudian yang perlu diperhatikan setelah copy file selesai proses installasi akan melakukan resrart segera mungkin mencabut flash disk anda untuk menghindari proses copy file ulang.
  • Setelah proses installasi melakukan restart seperti yang dimaksud pada langkah sebelumnya anda masuk kembali di menu bios anda harus merubah setting bios agar booting awal melalui Hardisk, kemudian simpan/save.
  • Tunggu prores installasi sampai selesai.
Itulah langkah-langkah Cara Menginstall Windows 7 Menggunakan Flash Disk. Tinggal Anda mempratekkannya sendiri, selamat mencoba dan semoga berhasil. 
Apabila postingan di atas bermanfaat atau ada yang belum dimengerti silahkan kirim pertanyaan Anda di kolom komentar terima kasih.


10 comments :

  1. Kebetulan netbook saya windowsx lgi error, mau coba dlu trikx yah and mkasih ya infox.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba semogah berhasil N sama-sama sudah berkunjung di Bhayu Blog

      Delete
  2. bro, kok saya kena blue screen ya pas completing installation?
    salah dimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry bro baru sempat balas karena lagi banyak kesibukan, mengenai blue screen ada beberapa penyebabnya akan tetapi kemungkinan itu terjadi karena software ada file windowsnya error atau flash disk yang anda pakai mulai rusak sehingga tidak bisa dibaca dengan baik atau gejala-gejala hard disk akan rusak.

      Delete
  3. Postingan yang sangat bermanfaat aku baru tau kalau install windows bisa menggunakan flash disk. Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali sudah berkunjung di Bhayu Blog. Kalau mau install windows 7 memakai FD di coba aja trik di atas

      Delete
  4. artikel nya ok, jika ada gambar lebih lengkap lagi...
    thanks dah berbagi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali telah berkunjung di Bhayu Blog dan atas sarannya akan saya update.

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete